Anggapan Yang Salah Kaprah Tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone

Anggapan Yang Salah Kaprah Tentang Cara Menghemat Baterai Smartphone

Baterai memang menjadi komponen terpenting yang ada di smartphone.Tanpa adanya baterai mungkin smartphone kita nggak ada gunanya. Maka dari itu banya vendor smartphone berlomba lomba untuk membuat produknya dengan kapasitas baterai smartphone yang sangat besar.

Menghemat Baterai Smartphone


Tetapi banyak teman teman yang memiliki pandangan atau anggapan yang salah kaprah tentang cara menghemat baterai smartphone. Karena tidak semua itu aman loh, ada cara menghemat baterai smartphone yang sobat lakukan tetapi ternyata itu salah . Nah lo ! Terus gimana sih pandangan atau anggapan yang benar tentang cara menghemat baterai itu ?


Cara Menghemat Baterai Smartphone dengan Cara Menghapus Recent Appps


Kalau dilihat secara teori sih ini benar kan ? karena menghapus aplikasi yang sedang berjalan di background. Tapi asal sobat tau, ini ternyata salah loh. karena jika sobat sering menghapus recent apps maka hasilnya justru membuat baterai smartphone sobat menjadi lebih cepat habis !


Bahaya Menghapus Aplikasi Smartphone di Recent Apps


Recent apps merupakan daftar aplikasi yang terakhir kali di pakai Smartphone.  Mungkin sobat semua berfikir kalau aplikasi itu semua bekerja bukan ? padahal, faktanya,  semua aplikasi yang terdapat di recent apps berada dalam kondisi berhenti dan disimpan dalam bentuk cache memori. 

Sebagai pengingat, cache memori berguna untuk membuat aplikasi yang pernah dibuka agar dimuat lebih cepat saat akan di buka atau di gunakan lagi.

Dengan kata lain, apabila menghapus recent apps, sobat telah membuang cahche memori dari aplikasi yang pernah sobat pakai,. Lalu disaat sobat membuka aplikasi yang sama, prosesor android sobat akan bekerja lebih keras lagi karena harus memuat semua dari awal. sehingga berakibat pada baterai android atau baterai smartphone sobat jadi lebih cepat habis

Sayangnya, tidak hanya baterai saja yang terkena imbasnya, membuka aplikasi baru juga akan mengakibatkan konsumsi RAM, alhasil performa android atau performa smartphone sobat akan menurun dalam jangka waktu yang cepat, jika sobat melakukan menghemat baterai dengan cara menghapus recen apps


 Bagaimana cara menghemat baetrai smartphone yang tepat ?


Cara yang mungkin sobat lakukan dengan melakukan pengaturan notifikasi yang masuk dan juga mengurangi durasi screen on time. Untuk mengatur notifikasi yang masuk, sobat bisa melakukan menghentikan akses aplikasi yang memiliki fitur auto start. 

Sementara untuk mengurangi durasi screen on time, sobat bisa mengurangi aktivitas mengecek notifikasi. Jika sobat terus terus menyalakan dan mematikan smartphone sobat , hasilnya justru baterai smartphone sobat akan cepat habis.

jadi, mulai sekarang stop menghapus recent apps. apabila mau menghentikan aplikasi yang berjalan, bisa menggunkan fitur Force Stop. itupun apabila aplikasinya akan digunakan kembali dalam waktu yang cukup lama 

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.