Cara Memasang Badge DMCA Untuk Perlindungan Konten Blog

Cara Memasang Badge DMCA Untuk Perlindungan Konten Blog

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) adalah situs perlindungan hak cipta yang dibuat Amerika Serikat supaya bisa melindungi hak cipta teknologi internet yang setiap hari semakin modern dan semakin luas. DMCA bisa melindungi hak cipta konten yang ada pada situs website ataupun blog. Maka dari itu banyak para blogger yang mendaftarkan situsnya ke dmca supaya konten yang ada pada blognya tidak ditiru sampai semirip mungkin atau bahkan di copy.

Cara Memasang Badge DMCA Untuk Perlindungan Konten Blog


Dengan mendaftarkan situs Anda di dmca maka konten yang ada pada situs tersebut terlindungi oleh dmca atas hak ciptanya dan apabila ada orang lain yang meniru sampai mencopy maka Anda bisa melaporkannya ke situs dmca tersebut. Situs yang dilaporkan ke dmca atas hak cipta, maka situs tersebut akan diproses dan sangat memungkinkan di banned oleh Google.

Bagaimana Supaya Konten Dilindungi DMCA?

Supaya konten yang ada pada blog atau situs Anda dilindungi oleh dmca sebenarnya caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasang badge perlindungan dmca pada situs yang ingin kontennya dilindungi. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Cara Memasang Badge DMCA Untuk Perlindungan Konten Blog, memasang badge perlindungan dmca pada situs cukup mudah Anda simak saja penjelasan berikut.

Cara Memasang Badge Perlindungan DMCA

Pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengunjungi situs DMCA di http://www.dmca.com/.
Setelah Anda ada di laman utama dmca, arahkan kursor pada "Protection Pro™" lalu Anda pilih "Protection Badges (free)" untuk masuk ke halaman pilihan badge perlindungan dari dmca.


Memasang Badge Perlindungan Konten DMCA Gratis


Namun setelah masuk ke halamannya jangan dulu untuk memilih badge melainkan Anda harus mendaftar untuk badge Anda yang ada pada halaman tersebut dengan cara mengisi form yang ada di bawah laman itu dengan scroll ke bawah. Isilah semua data yang terdiri dari Nama Depan, Nama Belakang, Nama Perusahaan (boleh ngarang/mungin untuk masa depan Anda ingin membuat nama perusahaannya apa) dan yang terakhir adalah Alamat Email. Setelah Anda mengisi semuanya klik "Register" untuk mendaftar.


Mendaftarkan Badge Perlindungan Konten DMCA


*Kata sandi Anda untuk masuk ke situs dmca itu dikirim lewat email dan dmca yang menentukan apa kata sandi tersebut.

Setelah Anda sudah mendaftar dan biasanya langsung dalam keadaan masuk (login), disinilah waktu untuk Anda memilih badge yang akan dipasang pada situs Anda. Pilihlah badge sesuai yang Anda inginkan atau sesuaikan dengan template blog/situs yang akan dipasang. Apabila sudah memilih maka akan terdapat Embed Code, dan itulah yang akan dipasang pada situs dengan cara copy lalu paste. Namun untuk Anda pengguna blogger, Anda bisa langsung klik "Add to Blogger" untuk memasangnya.


Memilih Badge Perlindungan Konten DMCA


Lalu setelah Anda klik add to blogger, pilihlah blog mana yang akan dipasang badge perlindungan dmca tersebut dan berikan judul untuk badge tersebut, misal "Perlindungan DMCA" atau apa sesuai keinginan Anda. Kemudian klik "Menambahkan Widget" untuk memasang badge tersebut.

Cara Memasang Badge DMCA



Memasang Badge Perlindungan Konten DMCA pada Blog

Setelah anda mendapatkan pilihan badge DMCA, sekarang giliran anda menaruh kode tersebut di blog anda. anda dapat masuk ke blogger.com sete;ah itu pilih tata letak, next cari tempat widget anda akan menaruh badge DMCA,  setelah itu add HTML javascript. lalu paste kan kode nya
Cara Memasang Badge DMCA



Memasang Badge Perlindungan Konten DMCA pada Blog

Sampai disini untuk memasang badge perlindungan dmca sudah selesai, namun belum sampai disini apabila Anda ingin benar-benar konten yang ada pada blog terlindungi. Coba Anda klik badge perlindungan tersebut pada home blog Anda namun ingat harus pada keadaan logout pada DMCA, maka akan muncul laman yang memberikan sertifikat perlindungan konten yang ada pada situs tersebut seperti berikut.

Sertifikat Perlindungan Konten Blog DMCA Status Pending
Cara Memasang Badge DMCA

Mengapa Protection Status: Pending?

Setelah melihat sertifikat perlindungan tersebut maka muncul sebuah pertanyaan yaitu mengapa status perlindungannya pending tidak menunjukan status aktif. Disini Anda hanya perlu menunggu sampai 30 hari supaya perlindungan tersebut bisa aktif. Nah ini juga menjadi alasan mengapa blog ini baru memposting mengenai melindungi konten dengan dmca padahal sudah lumayan lama memasang badge perlindungan dari dmca tersebut. Saya memposting artikel mengenai cara melindungi konten dengan dmca setelah blog saya benar-benar terlindungi oleh dmca sehingga Anda bisa percaya akan artikel yang saya buat ini. Seperti inilah sertifikat apabila perlindungannya sudah dalam status aktif.

Sertifikat Perlindungan Konten Blog DMCA Status Aktif

Mengapa Account Status: Non-verified?

Untuk Akun status yang tidak verifikasi, itu tidak masalah hanya saja pelayanan fasilitasnya yang berbeda. Apabila ingin supaya akun Anda di dmca terverifikasi maka harus di upgrede ke Pro yang artinya berbayar setiap bulannya ataupun tahunan. Untuk yang ini terserah keinginan Anda, tapi menurut saya untuk yang gratis sudah cukup untuk melindungi konten pada web/blog. Ada sedikit tips dari saya supaya setiap artikel yang Anda buat dilindungi oleh dmca yang artinya tidak hanya alamat situsnya saja maka Anda lakukan klik pada badge dmca pada saat Anda berada pada laman artikel tersebut dan ingat Anda harus dalam keadaan login di situs dmca.


Begitulah artikel kali ini mengenai Cara Memasang Badge DMCA Untuk Perlindungan Konten Blog, apakah bermanfaat? apabila bermanfaat Anda share artikel ini supaya bisa bermanfaat juga bagi teman Anda sesama blogger, terima kasih sudah membacanya.

source

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.